9 Langkah Terus "Melek" Tanpa Minum Kopi, Apa Saja?

9 Langkah Terus Melek Tanpa Minum Kopi, Apa Saja

Ada cara-cara yang dapat dilaksanakan agar terus terjaga selain minum kopi. Kopi selalu menjadi jawaban beberapa orang agar matanya "melek" sesudah bangun tidur.

Di lain sisi beberapa orang minum kopi agar mereka selalu fokus sepanjang bekerja di kantor. Namun, apakah benar minum kopi merupakan salah satu langkah agar terus terjaga saat melakukan aktivitas? Rupanya tidak.

 9 Langkah Terus "Melek" Tanpa Minum Kopi, Apa Saja?

Karena masih tetap ada langkah lain agar mata tidak gampang ngantuk seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Minum air

Badan memang memerlukan air supaya peran kinerja setiap organ dalam tubuh bisa berjalan dengan baik. Akan tetapi air seharusnya langsung diminum pada pagi hari karena diwaktu ini badan umumnya alami dehidrasi. Hal itu dianjurkan oleh dokter osteopati asal Cleveland Clinic, Sandra Darling, DO.

"Anda kemungkinan tidak memperoleh cairan sepanjang delapan jam ketika tertidur dimalam hari," kata Darling. "Jadi hal terbaik yang disarankan ialah minum satu gelas air pada pagi hari. Ini betul-betul bisa menolong Anda menjadi lebih terjaga."

2. Olahraga

Olahraga bukan hanya berguna untuk meningkatkan suasana hati dan kesehatan, namun olahraga juga dapat membuat badan lebih terjaga. Olahraga yang dilaksanakan misalkan jumping jack, jalan kaki, atau mengayuh sepeda statis di gym sepanjang 15 menit dan dilanjut squat.

"saya benar-benar menyarankan lakukan suatu hal, walau cuma lima menit," kata Darling. Beraktivitas fisik memang dibutuhkan agar darah mengucur dan menghidupkan otot. Dengan demikian kemauan untuk merasa lebih terjaga bisa diwujudkan dengan olahraga.

"Banyak orang tidak bisa olahraga sepanjang 30-60 menit pada pagi hari, terlebih bila capek dan ingin tidur sebanyak-banyaknya," tambah Darling. "Tapi beraktivitas sekecil apa saja pada pagi hari memberikan energi dan bisa menolong Anda untuk bangun," sambungnya.

Selain itu, dia merekomendasikan olahraga dilaksanakan sekitaran 150 menit dalam satu minggu agar energi bertambah dalam jangka panjang.

3. Makan

makanan bergizi Darling menjelaskan, konsumsi makanan bergizi lebih bagus daripada kopi mengandung kafein yang ditambahkan gula. Karena minuman itu cuma memberikan dorongan energi untuk beberapa waktu dan kecapekan sesudahnya.

Makanan bergizi yang dianjurkan Darling mencakup apel, blueberry, atau pisang yang bisa dikonsumsi secara cepat. Bila tidak, asup saja beberapa makanan berprotein dan serat untuk menambahkan energi saat makan pagi.

4. Benahi kebiasaan tidur

Janganlah lekas mempersalahkan tiadanya minum kopi sebagai pemicu ngantuk pada pagi atau siang hari. Karena rutinitas tidur yang jelek menjadi pemicu yang lain perlu diperbarui.

Jeleknya kualitas tidur kemungkinan disebabkan karena insomnia yang membuat pasiennya perlu waktu 30 menit untuk tertidur. Kadang mereka terjaga di larut malam lebih dari 30 menit dan rutinitas jelek ini dapat berjalan sampai 3 bulan lebih.

Bila permasalahan itu telah dirasa, ada cara-cara yang dapat dilaksanakan agar rutinitas tidur dapat diperbarui. Konsultasi ke dokter Jauhi alkohol dan makanan dua jam saat sebelum tidur Tidur di kamar yang sejuk dan gelap Jauhi monitor electronic satu jam saat sebelum tidur Buat kegiatan rutin.

Harus diingat jika tidur seharusnya dilaksanakan sepanjang 7-9 jam tiap malamnya. Hal tersebut perlu barengi dengan rutinitas tidur dan bangun pada pukul yang serupa. "Bila Anda terus-terusan berasa capek, tidur harus jadi fokus utama," anjuran Darling.

5. Tidur siang

Isi energi badan agar selalu terjaga bisa diusahakan dengan power nap alias tidur pada siang hari. Kita seharusnya tidur siang sepanjang 10-15 menit. Tetapi jauhi tidur siang lebih dari 30 menit atau lelap sesudah jam tiga sore.

Pasalnya waktu itu bisa mengacau agenda bangun dan tidur yang dibiasakan.

6. Setel alarm

Alarm kerap dihandalkan agar kita dapat bangun pada pagi hari. Tetapi, susunlah alarm di smartphone dengan setel pintar. Atau, belilah lampu LED alarm yang dapat mengikuti sinar matahari keluar yang dibarengi dengan alarm.

"Ini ialah langkah yang paling halus untuk bangun dan langkah yang jauh lebih bagus untuk mengawali hari," tutut Darling.

7. Mengurus depresi

Depresi selama beberapa hari bisa mengakibatkan rasa capek. Oleh karena itu, depresi perlu diatur. Misalkan dengan lakukan yoga, olahraga dengan teratur, pijat, atau jalani kegiatan rutin perawatan diri yang lain.

"Praktek perawatan diri membuat ketidaksamaan besar dalam energi dan vitalitas kita," kata Darling. Disamping itu, dianjurkan beraktivitas yang dicintai untuk menambah suasana hati.

Hal itu perlu dikerjakan saat stres yang kerap disalahpahami sebagai kecapean. "Saat kita tidak mengaplikasikan perawatan diri, kecapean, dan depresi akut pelan-pelan akan tiba," tambah Darling.

8. Meditasi

Mengurus depresi rupanya dapat dilaksanakan dengan meditasi untuk menjernihkan otak. Kegiatan olah pemikiran dan rasa itu bisa membuat kita lebih sadar dan berpikiran secara baik.

Darling menambah jika arah meditasi dapat ditujukan agar badan selalu terjaga. "Otak Anda benar-benar siaga tapi juga rileks, memungkinkannya Anda untuk berasa lebih datang pada waktu itu," ikat Darling.

9. Berjemur

Badan mempunyai jam intern 24 jam yang umum dikatakan sebagai irama sirkadian. Irama itu mengatur transisi tidur-bangun badan termasuk saat otak melepas hormon tertentu.

Irama sirkadian mengolah bagaimana organ badan bekerja pada saat yang tidak sama. Dengan berjemur sekaligus menghirup angin segar saat pagi hari selama beberapa saat sehari-hari, kita dapat tingkatkan irama sirkadian.

Hal tersebut berguna untuk memperoleh tidur yang lebih bagus pada malam hari. Untuk beberapa orang yang memutuskan stop minum kopi untuk menolongnya terjaga, kemungkinan akan merasakan beberapa pertanda.

Seperti tanda-tanda sakit di kepala, gampang geram, atau resah karena tak lagi minum kopi. Untungnya beberapa gejala itu akan lenyap dalam sekian hari, menurut Darling.

Untuk menanganinya, kita dianjurkan selalu minum air putih, ibuprofen, atau acetaminophen untuk sakit di kepala.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Gadgets

Random